Guy Ritchie

Sutradara

Personal Info

  • Nama: Guy Stuart Ritchie
  • Tinggi Badan: 5' 11" (1.8 m)

Biografi

Guy Ritchie lahir di Hatfield, Hertfordshire, UK pada 10 September 1968. Setelah menonton Butch Cassidy dan Sundance Kid (1969), Guy menyadari bahwa apa yang ingin ia lakukan adalah membuat film.

Dia tidak pernah menghadiri sekolah film, mengatakan bahwa pekerjaan lulusan sekolah film membosankan dan tidak dapat ditonton. Pada usia 15 tahun, ia putus sekolah dan pada tahun 1995, mendapat pekerjaan sebagai pelari, dan pada akhirnya memulai karir filmnya.

Dia dengan cepat berkembang dan mengarahkan promo musik untuk band dan iklan pada tahun 1995. Keuntungan yang dia dapatkan dari mengarahkan promo ini diinvestasikan ke dalam penulisan dan pembuatan film The Hard Case (1995), sebuah film pendek 20 menit yang juga merupakan prekuel untuk fitur debutnya Lock, Stock and Two Smoking Barrels (1998).

Istri Sting, Trudie Styler, melihat The Hard Case (1995) dan berinvestasi dalam film layar lebar. Setelah selesai, 10 distributor Inggris menolak film tersebut sebelum akhirnya dirilis di Inggris pada tahun 1998 dan di AS pada tahun 1999.

Film ini menempatkan Ritchie sebagai salah satu pembuat film yang sedang naik daun saat itu, dan menaikan karir aktor Jason Statham, Jason Flemyng, dan Vinnie Jones.

Lock, Stock dan Two Smoking Barrels (1998) diikuti oleh Snatch (2000), kali ini dengan anggaran yang lebih besar dan beberapa wajah yang lebih dikenal seperti Brad Pitt, Dennis Farina, Benicio Del Toro bersama aktor yang kembali Jason Statham, Vinnie Jones dan Jason Flemyng.

Pada akhir 2000, Ritchie menikah dengan bintang pop Madonna di Skotlandia, dan mulai bekerja dengan istrinya yang terkenal di berbagai proyek film dan video, termasuk Star (2001), dibuat untuk BMW dan dibintangi bersama Clive Owen, dan video kontroversial “What It Feels Like for a Girl”.

Pada 2002, pasangan itu memulai pembuatan ulang film Lina Wertmüller 1974, Swept Away (2002); film baru itu gagal total dan memenangkan lima Razzie Awards.

Ritchie menindaklanjuti dengan film Vegas Heist Revolver (2005), tetapi memenangkan hati dengan film thriller kejahatan RocknRolla (2008), yang menampilkan permainan, pemeran yang energik dan membawa perhatian Amerika ke bintang-bintang baru, diantaranya Gerard Butler dan Tom Hardy.

Tahun berikutnya merilis film Sherlock Holmes (2009), dibintangi Robert Downey Jr sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law sebagai Dr. Watson. Film ini sebagian besar mendapat ulasan bagus tetapi, yang lebih penting bagi karier Ritchie, adalah film itu mencapai kesuksesan dengan meraup lebih dari $ 520 juta dolar di seluruh dunia dan melahirkan sekuel, Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011).

Ritchie dijadwalkan untuk mengarahkan adaptasi dari Treasure Island Robert Louis Stevenson.

x